SELAMAT DATANG DI BLOG MULTIMEDIA SMK 2 BUNGO

TEKNIK PENAGMBILAN GAMBAR PRODUKSI XI MM

TEKNIK PENAGMBILAN GAMBAR PRODUKSI XI MM
latihan multimedia xi mm

Jumat, 05 September 2014

Pengertian HTML, Dan Cara Membuat HTML



Belajar HTML Bag 1: Pengertian HTML, Dan Cara Membuat HTML


Belajar HTML bag 1 Pengertian HTML, Kode HTML


Belajar html tidaklah rumit jika dipelajari dengan sungguh-sungguh, karena HTML adalah paduan ilmu dan seni dimana di dalamnya ada unsur keindahan dan ilmu desain Web dimana perlu penguasaan bahasa mesin yang dapat diterjemahkan oleh browser. Belajar HTML hanya memerlukan ketelitian dalam penulisan kode HTML dan Tag HTML yang akan kita bahas di bawah dan posting-posting yang lainnya. Jika Anda ingin bekerja di Internet atau ingin tahu cara mempublikasikan konten di Internet, maka Anda perlu tahu Belajar HTML yakni bahasa HTML yang dimengerti oleh browser agar bisa menampilkan isi yang kita inginkan. Bahasa HTML adalah salah satu bahasa komputer yang paling dasar. berikut ini kita akan membahas seluk beluk bahasa HTML sebagai kegiatan  mengenal HTML pada artikel ini
Pengertian  HTML
HTML adalah singkatan Hyper Text Markup Language, Pengertian HTML adalah salah satu bahasa yang paling umum dan paling sederhana untuk menulis di web. Sama seperti orang yang berbeda bahasa berbicara pun berbeda, Internet juga memiliki bahasa sendiri. Dan dengan bantuan bahasa HTML, kita dapat meng-upload data di internet seperti yang kita inginkan.
HTM adalah file teks atau file ASCII yang berisi perintah dengan script kepada web browser agar  menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman di web. Dalam file HTML terdiri dari beberapa “tag HTML” atau kode-kode HTML yang dimengerti oleh web browser agar dapat menampilkannya pada halaman-halaman web.
File HTML dapat dibuat  melalui aplikasi text editor apapun di sistem operasi apa saja, antara lain : Notepad di Windows, emasc atau vi di Unix atau SimpleText di Macintosh dan juga telah banyak tersedia aplikasi instan HTML editor. File HTML ini juga bisa dibuat pada aplikasi MS. Word asalkan menyimpannya melalui save as  format plain text.
Salah satu kelebihan file HTML adalah cross platform, maksudnya file HTML dapat dibuka atau ditampilkan di beberapa Sistem Operasi yang berbeda dan memiliki tampilan yang persis sama meskipun saat pembuatan dan pengeditannya menggunakan operating sistem yang berbeda.

Belajar HTML >> Cara Membuat HTML

Ekstensi atau perluasan file HTML adalah  .htm atau .html. kedua ekstensi ini sama saja sehingga boleh menyimpan file dokumen HTML dengan extention “.htm” maupun”.html“.
Dibawah ini contoh cara membuat HTML sederhana sebagai bahan pelajaran pertama dengan menggunakan Text Editor, Notepad. berikut adalah contoh  dokumen HTML yang sangat sederhana. jalankan aplikasi Notepad, lalu mulai dengan mengetikkan atau kopas saja teks dibawah, titlenya kita beri nama “Pengalaman Pertamaku Belajar HTML”
<html>
<head>
<title>Pengalaman Pertamaku Belajar HTML</title>
</head>
<body>Hari ini saya mulai belajar html, ternyata cara membuat html itu tidak
sulit seperti yang kita bayangkan, cara membuat html hanya memerlukan ketekunan
dan ketelitian.Mari ikut bersama saya belajar cara membuat html dengan tekun
agar belajar html ini sukses. Selamat belajar html</body>
</html>
Simpan file tersebut dimana saja  dengan nama “pengalaman belajar html.htm.”  pada saat menyimpan file tersebut dengan Notepad ganti “save as type”-nya dengan “all files”. Kemudian buka browser dari menu File, klik  Open, cari letak file” pengalaman belajar html.htm”
Selanjutnya kita mempelajari cara Membuat HTML dengan beberapa kode dasar seperti berikut:
<b> </b>: untuk membuat teks tebal
<i> </i>: untuk membuat teks miring
<u> </u>: untuk menggarisbawahi teks
<ul> </ul>: untuk membuat daftar Bullet
<ol> </ol>: untuk membuat daftar bernomor
<li> </li>: untuk membuat seri bullet  nomor berikutnya dalam daftar Bullet
<strong> </strong>: untuk membuat teks yang terlihat lebih besar
<font size = “” >< / font >: untuk mengubah ukuran font
kemudia mulailah latihan seperti rosedur latiha diatas dengan mengetikkan atau kopas saja selanjutnya disimpan dengan nama file Cara membuat HTML.html
<html>
<head>
</head>
<body>
Cara Membuat HTML dengan Format Font dan list<br>
<ol>
<li style=”font-weight: bold;”>Belajar HTML</li>
<li style=”font-style: italic;”>Belajar HTML</li>
<li style=”text-decoration: underline;”>Belajar HTML</li>
</ol>
Cara Membuat HTML dengan Bullet dan Ukuran Huruf<br>
<ul>
<li><font size=”-2″>Belajar HTML</font></li>
<li><font size=”+1″>Belajar HTML</font></li>
<li><font size=”+2″>Belajar HTML</font></li>
</ul>
</body>
</html>
Simpan file tersebut dimana saja  dengan nama “pengalaman belajar html.htm.”  pada saat menyimpan file tersebut dengan Notepad ganti “save as type”-nya dengan “all files”. Kemudian buka browser dari menu File, klik  Open, cari letak file” pengalaman belajar html.htm”
untuk menambah referensi pengetahuan mengenai kode html dan tag html silahan baca pada posting:
Demikian contoh diatas sebagai bahan referensi mempelajari HTML mengenai cara membuat HTML yang sederhana. selamat belajar HTML


4 komentar:

makasih ya kak buat artikelnya :) artikelnya sangat menarik dan lumayan dapat dimengerti dan dipahami :) berkat artikel kakak aku lumayan mengerti mengenai HTML Multimedia...
makasih kak :)
perkenalkan nama saya Laila Huriana Anisah Rohmawati dari STMIK Atma Luhur
website kampus saya di https://www.atmaluhur.ac.id/ :)

Terimakasih telah membuat artikel ini dengan adanya artikel ini sangat mudah untuk belajar html multimedia dan artikel ini juga sangat mudah dipahami untuk yang baru belajar .perkenalkan nama saya GITA LESTARI.kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id.

Terima kasih kak website ini sangat bermanfaat untuk saya dengan penjelasannya. Saya merasa senang dapat ilmu tentang multimedia . Materi yang disampaikan oleh kakak sangat mudah dimengerti. trus webnya bagus,singkat jelas & mudah di pahami terus berkreasi kak .
Saran saya tambahkan gambar dong biar website nya lebih menarik untuk di lihat..
Salam kenal kak nama saya Wiranto (Si2K), kunjungi juga dong website kampus kami https://www.atmaluhur.ac.id
SALAM SUKSES…

Terima kasih kak atas ilmunya, ini bermanfaat sekali untuk menambah wawasan saya, semangat terus kak untuk berbagi ilmunya.
Nim:1922500055
Nama:Adri firmansyah
Kelompok:SI2J
Link kampus:https://www.atmaluhur.ac.id

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More